Daftar Isi

Thursday, December 18, 2014

Tachometer

Menyalin tanpa mencantumkan link sumber termasuk pelanggaran hak cipta      



Pengukur RPM Mesin Mobil

            Alat penghitung putaran atau tachometer adalah instrumen  yang sangat berguna di mobil.Baik itu untuk berkendara atau untuk membantu penyetelan mesin,antara lain penyetelan pewaktuan pengapian dan campuran bahan bakar.Selain di mobil,tachometer juga biasanya dipasang di perangkat mesin lain.
            Ada beberapa jenis tachometer.Yang masih banyak digunakan adalah model analog yang menggunakan jarum dalam skala lingkaran.Jenis kedua menggunakan tampilan digital,baik itu LED atau LCD.Selanjutnya adalah tachometer semi analog yang menggunakan tampilan LED mirip VU LED meter pada perangkat audio,seperti rangkaian yang akan diberikan di sini.LED akan menyala melingkar seperti pergerakan jarum pada tachometer analog.
            Rangkaian tachometer yang diberikan pada gambar 1  cukup simpel.Idenya tidak revolusioner.Menggunakan IC LM3915 sebagai pengindera tegangan dan menggerakkan barisan LED;dan IC 555(sengaja tidak disebut kode huruf depan agar lebih universal) yang merupakan pewaktu terpercaya,kita hanya memerlukan segenggam kecil rangkaian eksternal untuk membangun sebuah tachometer dengan tingkat presisi yang baik.Berawal dari rangkaian T1 yang mengubah pulsa-pulsa dari contact breaker/platina menjadi spike sebagai trigger untuk IC3 melalui kolektornya.IC3 dipicu dengan pulsa negatif.Sedangkan dioda zener melindungi T1 dari transien tegangan yang besarnya dapat mencapai 400V  yang merupakan efek dari  persambungan koil pengapian.Transien semacam ini tidak muncul di pulser pada sistem pengapian elektronik.

                                                       Gambar 1.Rangkaian Tachometer

            IC3 dirangkai sebagai pengubah frekuensi ke tegangan.Dengan R10,Vr1,dan C7 sebagai penentu lebar tiap pulsa.Vr digunakan untuk mengatur tegangan maksimal,dalam hal ini untuk kalibrasi tachometer.Rangkaian tapis R11,C8 dan R12,C9 diperlukan untuk menghasilkan keluaran tegangan analog yang stabil,terutama pada rpm rendah.Tegangan ini sebanding dengan laju mesin sehingga dengan kalibrasi akan memberikan pembacaan kecepatan putaran mesin dalam putaran per menit.Dua buah LM3915 dikaskadakan sedemikian rupa membentuk mode Dot,sehingga dalam satu waktu hanya sebuah LED yang hidup.Metode tersebut dibuat agar tachometer memberikan bacaan yang merupakan imitasi jarum analog.
            Semua alat ukur memerlukan kalibrasi agar memberikan hasil yang presisi,tidak terkecuali tachometer ini.Kecuali anda membuat tachometer ini hanya sebagai  dekorasi dalam mobil.Ada dua cara kalibrasi.Yang pertama adalah dengan membandingkan dengan tachometer lain yang presisi.Ini adalah cara kalibrasi yang paling mudah.Tingkat ketepatan maksimal adalah sebesar alat yang digunakan sebagai pembanding tersebut.Cara kedua dengan bantuan sumber sinyal dan Frequency Counter.Anda dapat membuat sendiri sumber sinyal menggunakan rangkaian multivibrator astabil dengan IC 555.Gambar 2 adalah contoh rangkaian tersebut.

Gambar 2.Rangkaian Multivibrator astabil 555.

Frequensi keluaran dapat dihitung dengan rumus :


Dengan R1 adalah resistor  1 k,R2 adalah penjumlahan Vr 100 k dan resistor  5.6 k,dan C adalah kondensator 470 nF.C dalam farad,sehingga bila nilainya  470 nF maka dalam perhitungan ditulis 0.00000047.Bila Vr diputar sehingga diperoleh resistansi maksimal atau 100 k,akan diperoleh frekuensi:


= 14,4 Hz

Tetapi bila Vr diputar sampai diperoleh resistansi minimal atau nol Ω sehingga R2 adalah 5.6 k,maka akan diperoleh frekuensi 251 Hz.Lupakan saja rumus tersebut bila ada Frequency Counter.
             Banyaknya putaran per menit atau rpm terhadap frekuensi masukan dan jumlah silinder dapat dihitung dengan rumus berikut ini :

F = frekuensi masukan,n = jumlah silinder.

Sebagai contoh,tachometer diberi frekuensi masukan sebesar 50 Hz dan akan dipasang pada mesin 4 silinder : 

                                                                                  = 1500 rpm

Tiap LED dapat dikalibrasi satu persatu atau beberapa LED saja untuk memberi batas-batas RPM tertentu.Tentukan dahulu skala suatu  RPM di suatu titik,misalnya 3000 rpm di LED ke sepuluh.Set rangkaian multivibrator 555 agar frekuensi keluaran sebesar 100 Hz dengan memutar Vr 100 kdalam rangkaian  tersebut;karena menurut rumus RPM di atas, dengan F = 100 Hz akan diperoleh 3000 rpm.Lalu putar Vr1 pada rangkaian tachometer sehingga LED ke sepuluh mulai menyala.Jangan utak-utik lagi setelan Vr1.Selanjutnya putar Vr pada rangkaian multivibrator 555 sampai diperoleh frekuensi paling rendah sehingga pembacaan RPM menurun.Lalu putar balik lagi pelan-pelan sehingga RPM naik lagi.Hentikan sampai sebuah LED mulai menyala.Catat frekuensinya.Lakukan untuk seluruh LED. Untuk melakukan kalibrasi menyeluruh terutama untuk RPM bawah,anda mungkin harus memperbesar nilai R2 atau C pada rangkaian multivibrator untuk menurunkan frekuensi keluarannya.Dengan rumus RPM di atas,konversikan frekuensi - frekuensi dalam catatan tersebut menjadi nilai rpm.Itu adalah skala  RPM untuk setiap LED.Kalibrasi selesai.Sekarang anda dapat memberi label pada LED sesuai  hasil kalibrasi tadi.





Daftar Komponen :

R1                             = 4.7 kΩ
R2                             = 2.2 kΩ
R3                             = 22 kΩ 
R4,R5,R6,R8,R9    = 47 kΩ
R7                             = 100 kΩ
R10                           = 8.2 kΩ  
R11                           = 1 kΩ 
R12                           = 10 kΩ   
Vr1                            = 50 kΩ                      

C1                             = 47 µF/25 V                                                                      
C2,C5,C6                = 100 nF(sebaiknya keramik)       
C3                             = 10 nF
C4                             = 4.7 nF 
C7                             = 47 nF(sebaiknya MKM)
C8                             = 100 µF/16 V
C9                             = 10 µF/16 V

D1 - D20                  = LED
D21                           = 8.2 V/400 mW
D22                           = 1N4001
T1                              = BC547
IC1,IC2                     = LM3915
IC3                            = 555
IC4                            = 7809  







29/12/2014 :
Ada beberapa email masuk yang memberitahukan bahwa mereka berhasil membuat berdasarkan skema yang saya bagikan.Seperti foto kiriman mas Nurman Setyahadi dari Bogor di bawah ini :


Tachometer diubah ke mode Bar dan sudah dipasang di mobilnya.Bagus!

60 comments:

  1. Mas, itu trimpot nya pake yg brp kilo?

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Om bisa pesan ga tachometer rpmnya

      Delete
    2. Om bisa pesan ga tachometer rpm lednnya .
      Nh wa ane om 083875087399 .

      Delete
  3. Selain trimpot 50 kilo apa bisa pakai alternatif lain mas? Potensio 100k mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja,tapi trimpot lebih praktis karena hanya diset sekali saja saat kalibrasi.Resistansi di atas 50k boleh dipakai

      Delete
    2. Mas punya jalur pcb nya? Kalau ada boleh dong di share,

      Delete
    3. gak ada,ini pcbnya spontanitas aja

      Delete
  4. D21 ada alternatif lain gak ya...
    ditempatku nyarinya susah banget gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai 9.1 V,batas daya 400mW atau di atasnya.

      Delete
  5. maaf Oon...
    d21 8.2 V/400 mW mw kepanjangannya apa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. D21 adalah dioda zener 8.2 Volt dengan batas daya maksimal 400mW,boleh pakai dioda dengan batas daya 400mW ke atas misalnya 500mW,1W,2W,dst.Fungsi dioda zener di sini hanya untuk melindungi T1 dari transien tegangan yang merupakan efek dari persambungan koil pengapian.

      Delete
  6. kalau bisa tolong dong dibuatkan layout PCBnya om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di blog ini hanya sharing skema aja mas,tachometer malah belum sempat buat layout PCB.Rangkaian tidak terlalu rumit bisa menggunakan PCB berlubang

      Delete
  7. inputnya dari + coil apa - coil mas

    ReplyDelete
  8. Mas dipetunjuk kalibrasi kok ada vr dan vr1
    Tp diskema kok cuma vr1...
    Jadi bingung....
    Maaf mas saya masih pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vr1 adalah trimpot dalam rangkaian tachometer pada gambar 1,sedangkan vr adalah trimpot dalam rangkaian multivibrator astabil 555 pada gambar 2

      Delete
    2. maaf mas tapi didaftar komponen kok cuma ada vr1

      Delete
    3. Ya,daftar komponen hanya menerangkan rangkaian pada gambar 1,rangkaian pada gambar 2 tidak masuk daftar komponen karena hanya sebagai alat bantu kalibrasi

      Delete
  9. maaf mas totok...
    saya ingin belajar mencoba skemanya mas tp saya masih bingung
    diskemanya mas totok jumlah capasitor ada 9 buah
    tp digambar yang terakhir saya hitung kok cuma ada 4 capasitor
    apakah dibalik pcbnya masih ada rangkaian lagi...
    mohon maklum mas baru hoby elektro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul,ada beberapa komponen yang tersembunyi di belakang PCB untuk alasan menghemat tempat

      Delete
  10. permisi pak mau tanya...
    digambar 1 IC3 apa sama dengan gambar 2 IC555

    ReplyDelete
  11. Inputnya dr - koil mas? Maf sya bru belajar elektronik, tp ni kan psangnya di motor or mbil kan? Klau boleh tnya, mtor sya supra x input tuk rangkain di atas ngmbilnya dr mana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,input dari koil/platina/tachometer output dari pengapian elektronik.Untuk motor bisa tapi saya tdk paham detailnya di sebelah mana,prinsipnya sama saja seperti mobil

      Delete
  12. maaf mas numpang nanya,
    klu di motor ambil inputnya dri kabel cdi yg ke koil tegangannya ratusan volt klu ambil dr pulser cuma nol koma sekian volt. mohon petunjuknya
    oy saya pke tr bc546 bisakan dan caps mkm pake yg mylar

    trimakasih...:-D

    ReplyDelete
  13. Beberapa CDI ada tachometer output,bila tidak ada coba dulu dihubungkan ke pulser.Ganti R4&R5 dengan hubungan kawat kalau output pulser tidak mampu memicu rangkaian tachometer.
    Bisa.

    ReplyDelete
  14. Mas totok mau tnya nih. Sya kan ad nya ic lm3914, itu sama g? Terus untuk - coil nya yg di bagian input coil yg nempel bodi kan ya? Itu langsung di sambungin atau sebelumnya di lilit ke kabel busi (output coil) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. LM3914 bisa dipakai.Negatif(-) coil,maksudnya nempel bodi itu terminal -coil di pinggir bodi coil ya,tapi bukan nempel ke bodi mobil karena bodi mobil adalah terminal negatif battery/aki mobil. Input tachometer langsung dihubungkan ke terminal -coil.

      Delete
    2. Iya kan klo koil motor di bagian input terdapat 1 skun soket (output cdi) trus outputnya kabel busi. Nah ada 2 "kuping" di bagian input dan output koil yg di tempel pake baut ke bagian body. Itu kabel tacho nya pasang ke bagian yg mana ya?
      Oh jd g usah di lilit ya?

      Delete
    3. yg dari pengapian elektronik ke koil

      Delete
  15. Mas totok, mau tanya. Untuk sistem pengapian elektronik ( TCI ) apakah bisa dipasang alat ini. Trus ambil singal dari apa kalo di (TCI )
    Rencana pasang di motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.Dari input TCI dari pulser atau output TCI yang ke coil

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  16. Ok mas. Kalo ambil dari input TCI dari pulser sudah saya coba tadi. Bisa sih fungsi, tapi hasilnya kurang akurat, saya beli alatnya di toko aksesoris. Trus saya coba tambahkan transistor tipe BC546 2 biji yang di rangkai ( darlington ) lumayan akurat di posisi idle, TAPi pas di pake jalan pelan motornya ehh jarum nya di angka 11rb terus. Coba saya tambahkan resistor 1K 2 biji, idle nya gk kebaca ALIAS [ mentok di 0 ] tp pas di ajak jalan lumayan bisa naik pas di gas, dan turun saat di ulur jarumnya. Walaupun ga begitu akurat sih.
    .
    .
    .
    Nah itu cara atasin nya gimana ya mas totok?
    .
    .
    Tambahan - > Arus yang seperti apa sih yang di butuhin untuk menghidupkan alat seperti ini agar akurat di sistem pengapian TCI ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari pulser memang sinyalnya terlalu lemah,saya belum pernah.Coba hubungsingkat R4 dan ganti R5 dengan 1 kilo Ohm.

      Delete
    2. Ada contac/ WA yang mudah dihubungi mas totok. Biar gak terbatas di kolom komen saja?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Kalau transistor NPN di ganti PNP bagaimana respon nya mas totok?

      Delete
    5. Bikin puyeng om pasang tacho di TCI

      Delete
    6. Gak bisa diganti mas.Kalau sdh dapat input yang pas pasti presisi

      Delete
    7. Apakah harus masuk soket ECU ya mas biar akurat???

      Delete
    8. Sebenarnya gak juga mas,yg pntg dia dapat masukan pulsa

      Delete
    9. kalo cari masukan pulsa ambil dari mana semisal gambarnya ambil dari artikel TCI punya mas totok?

      Delete
    10. Dari kolektor transistor 2 yang terhubung ke koil

      Delete
    11. Mas minta contac/ WA yang mudah di hubungi. Di jefriketiz@gmail.com

      Delete
  17. Kalo bisa sertakan demo videonya dong... Mas totok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan disaksikan videonya,tachometer rakitan teman saya yang dipasang di Suzuki carry

      Delete
  18. Rangkaiannya bisa di aplikasi buat motor 1slinder???
    Klo bisa komponen mana saja yg harus d ganti

    ReplyDelete
  19. Om bisa pesan ga tachometer rpm lednnya .
    Nh wa ane om 083875087399 .

    ReplyDelete
  20. mas itu kalo diubah ke bar gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pin 9 ic LM 3915 dibawa ke tegangan +.Bisa googling cascading LM3915/3914 mode bar

      Delete
  21. kang di cdi saya sudh ada out put tachometer (motor satria fu) apa itu bsa di pakai untuk in put vu 3915.atau tambah rangkaian lagi. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa.Dari beberapa kali pengalaman teman,input bisa dihubungkan ke output tachometer dari pengapian elektronik misalnya cdi

      Delete