Daftar Isi

Friday, March 29, 2013

UHF Antenna

                                
                     Antena UHF,mudah dan biaya rendah


       Latar belakang pembuatan antena ini,daya tangkap sinyal televisi di rumah kakak kurang bagus.Lokasi berada di daerah Semarang agak pinggir.Penyebab kurang baiknya sinyal televisi entah karena masih adanya puncak-puncak tanah yang tinggi atau lokasi rumah  yang agak cekung walaupun sebenarnya berada di daerah agak tinggi.Beberapa model antena dengan penambahan booster sudah dicoba dengan hasil yang tidak memuaskan,dari antena dalam rumah sampai antena yagi.Saya jadi teringat bapak Jurgen Tech yang membuat antena televisi dari kabel koaksial.Ini ide yang sangat baik buat saya karena mudah dan cepat dibuat dengan bahan yang mudah didapat.
       Rancangan antena ini adalah antena yagi 12 elemen.Antena yagi adalah antena dengan elemen berupa dipole dengan penambahan elemen direktor dan reflektor.Gambar 1 adalah bentuk dipole yang merupakan elemen dasar dari antena ini.



Gambar 1.Elemen dipole yang digunakan sebagai  dasar antena yagi.

Dipole yang digunakan adalah dipole terlipat (Folded Dipole) setengah lambda.Kalau dipole setengah lambda biasa berimpedansi sekitar 72 Ohm maka dipole terlipat setengah lambda berimpedansi sekitar 288 Ohm.Jadi,kabel penghubung ke televisi menggunakan kabel tansmisi kawat kembar atau kabel televisi pita.Agar bisa digunakan dengan kabel transmisi koaksial 75 Ohm seperti banyak dipasarkan saat ini maka digunakan sirkuit balance unbalance,seperti diperlihatkan pada gambar 2.

Gambar 2.Sirkuit balance unbalance.

Rancangan antena ini berupa antena yagi dengan elemen dipole,reflektor,dan 10 direktor. Gambar 3 memperlihatkan rancangan tersebut.Semua elemen menggunakan kabel antena 75 Ohm.Pakailah kabel yang berkualitas terutama untuk elemen dipole.Saya menggunakan kabel Kitani 5C - 2V sebagai dipole dan 3C - 2V sebagai reflektor dan direktor.

Gambar 3.Rancangan antena UHF menggunakan elemen dari kabel 75 Ohm.

Sebagai rangka dapat digunakan kayu,pipa PVC,atau bahan nonlogam yang lain.Saya menggunakan pipa plastik transparan yang biasa digunakan pada aquarium karena mudah dipatahkan dengan bantuan pisau cutter.Sebagai benang penguat elemen dapat menggunakan benang kasur,tapi bila antena diletakkan diluar harus menggunakan benang tahan air misalnya tali pancing.Dipole berukuran 24cm,reflektor 26 cm,dan direktor 1 berukuran 21,5 yang semakin kedepan berkurang 3mm (21,5;21,2;20,9....dst).Jarak antara dipole dengan reflektor yaitu a adalah 9 cm,sedangkan jarak dipole ke direktor dan direktor ke direktor yang lain atau a1 sampai a10 sebesar 10,5 cm.Reflektor menggunakan 2 buah kabel yang dipasang di atas dan bawah pipa.
       Agar dipole kokoh dan rapih sekaligus untuk meletakkan sirkuit balance unbalance dapat digunakan wadah makanan plastik kedap udara atau wadah lain yang mudah anda dapatkan.Wadah tersebut diikat dengan 2 buah sekrup pada rangka dan dilubangi kiri kanan dan bawah untuk kabel.Foto-foto berikut memperlihatkan bentuk jadi dari antena.

   
     



       Antena memberikan hasil yang memuaskan.Di beberapa stasiun TV,signal strength menunjukkan kekuatan sinyal maksimum.Dalam percobaan,antena diletakkan begitu saja di dalam rumah di lantai 2 dengan
penambahan booster lama merk Maspro.TV menggunakan  Sony Bravia 32" LED. Berikut ini hasil bidikan foto dan video pada televisi yang diuji dengan antena tersebut menggunakan  kamera hp LG tipe KP320.Foto adalah siaran televisi dari GlobalTV,TVRI nasional,dan Indosiar.Sedangkan video dari siaran televisi GlobalTV,Trans7,dan tv lokal Semarang TVB.Ok,semoga bermanfaat.Selamat membuat antena,barangkali antena buatan anda lebih rapih dan memberikan hasil lebih baik.







 

5 comments:

  1. Satuan ukuran sudah saya ralat.Thx untuk koreksinya.

    ReplyDelete
  2. thx mas, izin mo praktekin

    ReplyDelete
  3. mz bs mnt foto yg di dalam box plastik,soalnya saya masih bingung pemasangan sirkuit balance unbalance, Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. antena sudah diikat di plafon rumah,sirkuit lengkapnya belum sempat difoto.Buat sirkuit balance unbalance yang dibuat dari seutas kabel 75 Ohm sepanjang 20.4 cm lalu masukkan ke box.Koneksikan ujung-ujung kabelnya(kawat/saluran sinyal)kepada dipole.Salah satu kawat sinyal tersebut dihubungkan lewat kabel ke penerima televisi.Sedangkan serabut/ground saling dihubungkan tetapi sama sekali tidak terkoneksi ke saluran sinyal.

      Delete