Daftar Isi

Monday, July 15, 2013

Bowtie


                                                                         Antena Bowtie

          Banyak yang kesulitan merakit antena yagi yang rancangannya diberikan pada bab sebelumnya.Umumnya mereka mencari rancangan antena yang mudah dibuat,material yang mudah diperoleh,dan hasil yang baik.Untuk itulah desain ini saya berikan di sini.
          Secara singkatnya antena bowtie dibentuk dari 2 lembar segitiga,sehingga terkadang disebut antena segitiga atau antena kipas.Antena bowtie mempunyai beberapa sifat yang menguntungkan,yaitu sederhana,efisiensi yang besar,dan bandwidth yang lebar.
          Rancangan antena bowtie diberikan pada gambar di bawah ini:


Gambar 1.Rancangan antena bowtie.

Saya harap anda mengerti dengan gambar yang sederhana tersebut.Sisi-sisi segitiga berukuran 13,2 cm untuk sisi-sisi yang miring,sedangkan sisi tegaknya 15,2 cm.Jarak segitiga ke reflektor sebesar 11 cm.Reflektor berukuran 19 cm x 25 cm.Antena bowtie ini memberikan gain 9 dB.
          Untuk material bowtie saya menggunakan kertas yang mengandung konduktor yang biasa digunakan untuk membuat hiasan,didaerah saya disebut kertas marmer,sesuai dengan tujuan awal yaitu material yang mudah diperoleh dan antena diletakkan di dalam rumah.Material yang lebih baik tentunya memberikan hasil yang lebih baik.Saya yakin,para pembaca yang cerdik sudah membayangkan material-material apa yang sekiranya dapat digunakan untuk membuat antena ini.Bila masih kurang jelas juga,foto-foto berikut ini akan memperjelas rancangan antena bowtie tersebut.









                 Seperti biasa,saya menggunakan pipa plastik untuk akuarium sebagai rangkanya.Tentunya anda tahu apa yang harus dilakukan dan bahan apa yang harus dipakai bila antena akan dipasang diluar rumah.Panas,dingin,air,dan angin menjadi pertimbangan dalam pemilihan material antena dan rangka.


4 comments:

  1. Mudah dan memuaskan hasilnya mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul,antena bowtie memang cepat dibuat dengan hasil memuaskan

      Delete
    2. Gan kalau untuk jarak jauh dan terhalang bukit bisa pake ini. Saya pake antena panjang 3meter pake booster tapi masih banyak semutnya kalau indosiar dan rcti bagus tapi sctv banyak semutnya

      Delete
    3. Antena bowtie termasuk antena yang memberikan efisiensi yang lebih besar dibandingkan jenis antena lain.Untuk meningkatkan gain sampai 12dB anda dapat memanjangkan 2x lipat sisi miringnya,sebelumnya buat pola dengan ukuran seperti gambar 1.Untuk menghindari hempasan angin dapat diberi lubang-lubang atau menggunakan kawat kasa

      Delete