Daftar Isi

Thursday, November 22, 2012

TCI

  
Biasakan menyebut sumbernya bila mengutip.Menyalin tanpa mencantumkan link sumber termasuk pelanggaran hak cipta.





                                                        TCI

 Electronic Ignition  - Transistor Controlled Ignition
         Banyak pemilik mobil  yang ingin mengganti sistem pengapian lama yang masih menggunakan contact breaker/platina ke pengapian elektronik.Mereka mencari-cari model apa yang sekiranya cocok dan handal untuk mobilnya,sekaligus terjangkau harganya.Di pasaran otomotif beredar beberapa macam pengapian elektronik dengan berbagai merk.
         Sebenarnya ada 2 jenis pengapian elektronik,yaitu CDI dan TCI.CDI mengubah tegangan dc 12 V menjadi tegangan tinggi misalnya 350 V untuk diberikan kepada koil.Sedangkan pada TCI,pensakelaran koil yang semula dilakukan oleh contact breaker diambil alih oleh transistor.Dengan digunakannya transistor maka kita tidak direpotkan oleh kotornya kontak dari contact breaker setelah mobil dipakai beberapa waktu yang dapat menyebabkan mesin dalam kondisi tidak prima : boros bahan bakar,sulit distart,bahkan mogok.
          Pemberi pulsa untuk pengapian elektronik yang beredar di pasaran ada yang menggunakan sistem magnetik dan cahaya yang sebenarnya fungsi utamanya sama dengan contact breaker yaitu mengontrol rangkaian pengapian.Ada juga yang masih tetap menggunakan contact breaker sebagai pulsernya,seperti rangkaian yang akan kita bahas ini.Keuntungannya adalah bila sewaktu-waktu kita akan mengubah sistem pengapian elektronik menjadi contact breaker kembali dapat dilakukan dengan cepat dan mudah,misalnya(amit-amit)terjadi kerusakan pada rangkaian pengapian elektronik.Setelah menggunakan pengapian elektronik ini contact breaker akan awet karena hanya dilalui arus dalam orde miliamper dan tidak induktif sehingga menghemat biaya,selain itu mobil dapat dipertahankan pada kondisi yang prima dalam jangka waktu yang lama.Pengendalian koil selanjutnya diambil alih oleh transistor.
           Rangkaian TCI saya rancang dengan basis TIP162,yaitu transistor daya darlington.Transistor tersebut mempunyai karakteristik arus kolektor 10A, tegangan kolektor emitor 380V dan dapat mendisipasikan daya sebesar 125W.Sehingga dengan spesifikasi tersebut cocok untuk mengendalikan koil mobil.Gambar 1 adalah rangkaian lengkap TCI.Contact breaker/platina memberi pulsa kepada basis T1,selanjutnya T1 yang meng-on/offkan T2.Dioda zener melindungi T2 dari sengatan tegangan tinggi karena transistor tersebut mengendalikan beban induktif koil mobil.Dioda zener yang dipakai di sini adalah 2 buah dioda zener 150V/1W atau 4 buah dioda zener 75V/1W yang dirangkai seri seperti diperlihatkan pada gambar 2.Anda dapat memilih sesuai dengan ketersediaan komponen.Yang perlu anda lakukan pada keluaran rangkaian TCI (kolektor T2) hanyalah menghubungkan ke lilitan primer yaitu kutub - (negatif) koil.Sedangkan kutub + (positif) koil sudah terhubung ke saluran positif baterai mobil.Jangan utak-atik lilitan sekunder/high voltage dari koil.Salah satu sisi lilitan skunder koil sudah terhubung dengan lilitan primer secara internal di koilnya.Bila kesulitan mendapatkan transistor TIP162,anda bisa membelinya secara online.
          Sepertinya tidak akan ada kesulitan dalam merakit rangkaian pengapian elektronik ini.Rangkaian harus dibuat serapih mungkin.Kabel untuk hubungan  ke mobil menggunakan serabut tebal seperti biasa digunakan untuk instalasi mobil.Gunakan terminal/skun yang sesuai agar hubungan terlihat rapih.Pastikan bahwa jalur tegangan dari baterai mobil yang masuk ke rangkaian sudah melewati sekering.Rangkaian TCI dimasukkan pada suatu wadah sesuai kreatifitas anda misalnya tempat makanan kedap udara dan dilubangi sesuai kebutuhan selanjutnya dipasang pada mobil dekat dengan koil,biasanya dipasang/dikalungkan pada koil dengan suatu pengikat.Pemasangan harus kuat dan tahan goncangan.Sebelum dipasang di mobil,TCI dapat dicoba dengan memberi beban berupa lampu 12V sebagai pengganti koil dan hubungkan pertemuan R1/R3 dengan seutas kabel ke ground.Lampu harus nyala dan padam bila pertemuan R1/R3 tersebut dihubungkan dan dilepaskan terhadap ground.Kondensator pada delco/distributor mobil sebaiknya dilepas karena mengakibatkan pengapian sedikit terlambat.
       

Gambar1.Rangkaian Transistor Controlled Ignition.


                                                                      Gambar 2.Dioda Zener.

Daftar komponen :

R1         = 470 Ohm/2 W
R2        = 150 Ohm/2 W
R3        = 4K7/0,5 W
R4        = 470 Ohm/0,5 W
C1         = 220 nF/400 V
D1        = 2 x 150 V/1 W atau 4 x 75 V/1 W
T1         = BD140
T2        = TIP162


     




        
  Rangkaian lain Electronic Ignition rancangan saya,bisa digunakan untuk contact breaker/platina dan contactless ignition system/pengapian tanpa platina buatan sendiri.


09/12/2014 :
          Banyak yang menanyakan kepada saya skema/bagan pemasangan TCI di mobil.Baiklah,karena sepertinya berguna akan saya muat di sini.Untuk memudahkan pemahaman,akan saya berikan dulu rangkaian pengapian mobil konvensional.

(a)


(b)
Rangkaian pengapian mobil,(a).Konvensional (b).Dengan TCI.

          Gambar selanjutnya adalah skema pemasangan TCI di mobil.Pada gambar (a) diberikan sirkuit aslinya.Warna jalur saya sesuaikan dengan skema TCI pada gambar 1.


(a)


(b)
Skema pemasangan TCI di mobil,(a).Konvensional (b).TCI


07/10/2015
          Rangkaian TCI ini juga bisa menggunakan IGBT untuk T2.ON Semiconductor membuat beberapa semikonduktor untuk Electronic Ignition,misalnya NGB8206,yaitu IGBT 350 V, N Channel dalam kemasan D2PAK.




NGB8206 digunakan dalam aplikasi rangkaian untuk mengendalikan beban induktif terutama pengapian elektronik dan rangkaian lain dimana dibutuhkan untuk melakukan switching tegangan dan arus tinggi.Di dalamnya sudah terintegrasi Diode Clamping Circuit sehingga kita tidak membutuhkan lagi dioda zener.Tapi jangan lupa untuk menambahkan sebuah dioda 1N 4007,dengan katoda ke kolektor  dan anoda ke emitor T2. Selain itu,IGBT ini juga tidak mahal harganya.Setelah mencoba beberapa bulan dan melakukan perjalanan ratusan kilometer,saya berpendapat IGBT ini layak menjadi alternatif untuk T2.

175 comments:

  1. mas persamaan dari d1071 apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai salah satu yang ada TIP162/TIP161/ BU931/BU932/BU941/BUX37/QM15HA-H,semuanya biasa dipakai pada pengapian elektronik

      Delete
  2. Mas, kalo circuit breaker kita gunakan tci asli yg di mobil, sdgkan yg tci ini u pengapiannya. apakah bisa? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mgkn maksudnya tci asli hanya difungsikan sebagai pulsernya,bisa saja.Output tci bawaan mobil dihubungkan ke masukan rangkaian ini.Bila tidak bisa berarti output logika harus dibalik,rangkaian tci ini membuka/menutupnya transistor mengikuti membuka/menutupnya contact point(platina).Tapi sepertinya bisa langsung.

      Delete
  3. output logika harus dibalik maksudnya bagaimana mas? sy blm dpt tip162nya, lg pesan lwt internet.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau contact point/sensor membuka maka harus dibalik misalnya dengan transistor sehingga outputnya jadi tertutup,tip162 salah satunya dpt dipesan lwt Indo-Ware.com

      Delete
  4. Mas brow,bisakah waktu buka transistor dibatasi sekitar 1 sampai 1,5 mili second saja sprti pd bbrp TCI komersial?Dan bisakah transistor akhir
    dibuat dari darlington lepasan seperti pada rangkaian ampli,kan jauh lebih murah masbrow jadinya automania banyak yang bikin.Kl rangkaian pengapian capasitive discharge punya gak,trims ya mas brow sy trtarik nih TCInya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang brow pasti suka utak-atik mobil nih....,bisa aja bukaan T2 sebesar 1,5 mS tapi akibatnya T2 jadi lebih panas dan membutuhkan pembuangan panas yang bagus,koil juga lebih panas dari biasanya.Memang pengapian lebih baik tapi untuk jarak jauh agak riskan,ntar mungkin saya bahas juga hal itu.T2 bisa juga dibuat dari rangkaian transistor darlington lepasan tapi saya rasa lebih handal bila memakai rakitan darlington daya seperti TIP162 dan BU941 yang khusus dirancang untuk mengendalikan beban induktif seperti koil mobil.TCI ini saya rancang supaya mudah dibuat dan handal.Capasitive Discharge Ignition ada tapi belum digambar bagus,satu persatu akan keluar.

      Delete
    2. "Mas brow,bisakah waktu buka transistor dibatasi sekitar 1 sampai 1,5 mili second saja sprti pd bbrp TCI komersial?"
      Mohon pencerahannya Mas Totok. Memang apa kelebihan pembatasan buka transistor 1 sampai 1,5 mili second. Tanks.

      Delete
    3. Contact breaker seperti halnya saklar mekanik pegas memiliki sifat yang kurang gesit yaitu tidak langsung menutup setelah terbuka.Dalam hal ini koil mobil,ketika contact breaker terbuka(maka lilitan primer terjadi kehilangan supply daya)dengan maksud agar terjadi beda potensial pada sekunder koil,maka contact breaker menutup lagi namun dengan tundaan beberapa mS.Bila waktu buka transistor(yg menggantikan contact breaker)dibatasi sekitar 1.5 mS tentu arus yang mengalir pada lilitan primer koil yg akan ditransformasikan ke sekunder lebih besar,ini bisa dicek dengan ampermeter.

      Delete
  5. kondensator belom dapet nih kakak....ada alternatif gak?resistor coil perlu dilepas/dibypass gak?satu lagi.....artikelnya boleh buat sumber TA gak?trims,nice info nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fungsi kondensator hanya tambahan,di beberapa rangkaian TCI bernilai 100 nF.Tapi krn berada dlm sirkuit pensakelaran induktif maka batas tegangan kerja kondensator harus tinggi yaitu minimal 400 V.Bila ingin mendekati bs memparalelkan misal 100n+100n+22n,150n+68n.100n+100n juga bs dipakai.Tapi bila kesulitan mendapatkan kondensator dgn tegangan tinggi bs men-seri bbrp kondensator krn distribusi tegangan terbagi secara merata pada semua kondensator,jadi bs memakai 2 kondensator seri dgn tegangan 200 V misalnya 470n.Resistor koil tidak saya lepas,start di pagi hari semakin mudah.Bila sebelum pasang TCI resistor koil terpasang dan dlm kondisi dingin mobil bs distart maka dengan TCI harus semakin mudah distart.Boleh buat TA.

      Delete
  6. mas totok, saya mau pesan dibuatkan electronic ignition bisa mas totok?, posisi saya di semarang mas ada contact person yg bisa saya hubungi?, kirimkan ke email saya saja di ellenikaprima@yahoo.com terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. mas,C bisa pakai kondensator mobil/circuit breaker?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.Umumnya memiliki kapasitas 220 sampai 250 nF(0,22 - 0,25 uF ).Batas tegangan sudah sesuai,tapi lebih mahal.

      Delete
  8. skema pcb di-share ya kangmas

    ReplyDelete
    Replies
    1. rangkaian tidak terlalu sulit,mudah untuk dibuat sendiri skema PCBnya.Sebelum komponen dipasang lapisi jalurnya dengan timah,paling tidak jalur ground dan jalur sepanjang kolektor T2.Bisa juga digunakan pcb berlubang/serbaguna.

      Delete
  9. Saya Ada stok TIP 162, kalau ada yg butuh silahkan kontak di no 081541196000, tks

    ReplyDelete
  10. Boss apa bisa saya pesan order TCInya..?ane di Madiun..Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bs saya bantu,silahkan tinggalkan no kontak email/hp

      Delete
    2. erwindya@ymail.com Phone : 085 649 605 606

      Delete
    3. pak saya pesan 1.
      kontak phone 089651168245
      email: myeduit@gmail.com

      Delete
    4. pak, bisa pesan 1, saya di Kampung asem kulon rt 1 rw 14 no.21 kecamatan cibatu garut 44185, email eka1b@yahoo.co.id, hp 081321601318

      Delete
  11. ada yg punya stok TIP162, kalo2 ada yg lebih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan tinggalkan email/no hp,barangkali ada yang punya stok

      Delete
    2. saya punya tip 162..stok ada 18 buah..silahkan kalo mau diorder harga Rp. 75 rb nett..silahkan kontak saya di 0815 680 1162..barang terbatas..harga blum ongkir. bukan tipu2..makasih

      Delete
  12. mas kalau saya mau bantu produksi(merakit untuk komersial)tci-nya prosedur/ijinnya gimana ya

    ReplyDelete
  13. kalo pesan jadi sampe' berapa mas? mastergame81@gmail.com / 0856 3600 733

    ReplyDelete
  14. ijin sedot ya mas,C bisa pakai 184 / 180nF mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan,untuk keperluan non komersial bebas aja.180 nF bisa dipakai

      Delete
  15. Mas apa bisa saya pesan order TCInya ? Thanks
    081325143096 somegungasdg@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. apakah bs dipasang pd zebra 1.3

    ReplyDelete
  17. Mas Totok Saya tertarik dengan TCI nya pesan bisa? thank's
    081905662223

    ReplyDelete
  18. mas kalau saya ikutan pesan bisa ya! saya di banjarnegara. makasih.

    ReplyDelete
  19. Mas dipasaran ada produk namanya HKS Power. HKS Power ini memiliki fungsi yang sama atau berbeda? Mas saya bisa pesan TCI nya juga? Mobil jadul tahun 1969 masih pakai platina :) guntur.d@gmail.com

    ReplyDelete
  20. kalau yang anda maksud adalah produk ignition system dari HKS,memang fungsinya sama yaitu electronic ignition.Salah satu produknya yg saya lihat kombinasi antara CDI dan TCI

    ReplyDelete
  21. Mau pesan TIP162 nya, aindratjahja@yahoo.com, terimakasih

    ReplyDelete
  22. saya sedang merakit tci-nya mas,dibuatin tetangga saya.kalau dioda zenernya pakai yang 100v/1W bisa?thx

    ReplyDelete
  23. bisa,saya juga kadang-kadang memakai 3 buah dioda zener 100 V/1 W yang dirangkai seri

    ReplyDelete
  24. Nanya gan ... saya pake rangkaian sejenis, skemanya sama. Bedanya saya pake c3039 dan c3460 sebagai pengganti T2. Hasilnya memuaskan. Cuman koil saya jadi agak panas ya? Koil saya sudah ada internal resistan. Apa karena rangkaian ini membuat api lebih besar sehingga koil jadi lebih panas?

    ReplyDelete
  25. Kemungkinan bagian awal/depan rangkaian pengapian elektroniknya
    membatasi/memperpendek pulsa pemicu pengapian yang berasal dari contact breaker menjadi misalnya 1.5 mS.Pulsa sependek itu sebenarnya lebih bagus untuk mengendalikan koil pengapian karena menghasilkan api yang lebih besar dibandingkan bila dipicu dengan pulsa yang langsung dihasilkan oleh contact breaker.Tapi konsekuensinya transistor dan koil lebih panas karena lebih lama dalam kondisi tinggi dalam setiap pulsanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo begitu untuk mengatasi koil agar tidak terlalu panas gimana gan? Apa ditambah external resistan? Tapi kan koil saya sudah ada internal resistan-nya. Kalo dipasangi kipas kok menurut saya kurang efektif. Takutnya koil malah jebol kalo tidak segera diatasi. Kalo mesin dingin saya starter sekali aja mesin sudah nyala, kemaren sewaktu saya bawa jalan agak lama 2x starter baru nyala.

      Delete
    2. mengatasinya dengan mengendalikan koil dengan lebar pulsa seperti yang dihasilkan contact breaker,seperti rangkaian pengapian elektronik di atas.menambah eksternal resistor lagi akan mengurangi output koil ('api').saat koil terlalu panas memang mesin lebih sulit distarter.rangkaian pengapian elektronik yang saya bagikan di atas memang saya pilih untuk penggunaan sehari-hari termasuk untuk bepergian jauh.jadi,sebelum dan sesudah menggunakan pengapian elektronik kondisi suhu koil mobil tetap sama.

      Delete
    3. Rangkaian saya sama dengan rangkaian agan. Hanya saja TIP162 dan penggantinya susah didapat di daerah saya. Lalu saya coba memakai C3039 dan C3460 untuk mengganti TIP162, selain lebih murah juga lebih gampang didapat. Apa pengaruh pemakaian C3039 dan C3460 yg bikin koil jadi lebih panas ya gan?

      Delete
    4. bisa jadi itu masalahnya.Dalam rangkaian internal transistor darlington daya bukan cuma berisi 2 transistor yang dirangkai secara darlington,tetapi ada beberapa komponen tambahan seperti resistor dan dioda pelindung.Jadi,saya sarankan anda memakai transistor seperti tip162,bu932,dan semacamnya yang memang dirancang untuk mengendalikan beban induktif.Sebaiknya anda membeli secara online saja.Memang tidak semua toko mau menjualnya karena transistor semacam itu standar industri,hanya kalangan tertentu yang membutuhkan.

      Delete
    5. Jika T2 pada rangkaian diatas diganti dengan IRF840/IRF740 atau dengan IRFP450 yg amperenya lebih besar gimana gan?

      Delete
    6. Rangkaian pengapian elektronik ini menggunakan transistor daya darlington,sedangkan transistor yang anda sebutkan semuanya mosfet

      Delete
    7. mas rangkaian sesuai gambar, start normal, stansioner bagus tapi kalo digas agak dalam sepertinya nafas mobil agak berat gimana solusinya mas....????

      Delete
    8. kondensator di distributor dilepas aja,rangkaian dicek lagi apakah nilainya sesuai gambar terutama nilai C

      Delete
    9. Untuk yang mengalami koil panas ( biasanya Coil kaki 3 ) Positif alat jangan dipasang di + (positif ) koil tapi di tanda B , mudah mudahan membantu

      Delete
    10. Betul mas.Jangan sekali-kali menghubungkan pengapian langsung ke + koil,tetapi harus melewati resistor atau dihubungkan ke B(melewati resistor internal).

      Delete
    11. ada contoh pemasanganya g om?

      Delete
    12. Mas totok apakah bisa share rangkaian yang memakai pulser. Matur nuwun

      Delete
    13. Mas totok bisa pesan tci nya? Ini nomor saya 08122714045

      Delete
    14. Apakah igbt harus pake aluminium pendingin?

      Delete
  26. Mas ini bisa di pasang di semua mobil yang masih platina ya, kalau saya mau pesan
    085732957382, tatok_w@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  27. Mas totok, saya berminat tci berbasisTIP162 nya untuk mobil mazda mr90 saya, noempasti@yahoo.com
    Trims...

    ReplyDelete
  28. fungsi Zennernya buat apa kang ? di skemanya gag di gabungkan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dioda zener berfungsi melindungi T2 dari lonjakan tegangan tinggi pada saat switching koil mobil.Di beberapa tipe transistor tidak diperlukan karena memiliki batas tegangan tinggi sampai 600 V atau memiliki dioda zener internal.Rangkaian dioda zener di gambar 2 merupakan penjabaran simbol dioda D di gambar 1.Jadi,anda bisa menggunakan dioda zener 2 x 150 V atau 3x 100 V atau 4 x 75 V .Tergantung ketersediaan komponen

      Delete
  29. Mas Totok di madiun ya? pesan 1 ya mas TIC nya,
    Rio Madiun,
    riaoke36@gmail.com

    ReplyDelete
  30. makasih mas.saya memakai pengapian elektronik ini hampir setahun,membuatnya dibantu teman.ternyata mudah dan simple.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat dan meningkatkan performa mobil anda

      Delete
  31. Mas Kalau untuk mobil fj 40 mesin 2f bisa nda ya mas? kalau bisa bisa saya mau order 1 gimana caranya, bisa dikirm kebalikpapan kan trims
    rusliansyahully@ymail.com

    ReplyDelete
  32. saya eka ardiansyah, mau pesan 1, alamat di garut, hp 081321601318, email eka1b@yahoo.co.id, mobil kijang super 92

    ReplyDelete
  33. Saya sudah membuat TCI ini... dan saya rasakan manfaatnya yaitu tenaga bertambah BBM jadi lebih irit. cuma sayangnya kemaren kena air saat mencuci jadinya mati deh TCI... sampai saat ini belum diperbaiki lagi karena transistor TIP162 yang rada rada susah mencarinya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih untuk feedbacknya mas.box TCI harus kedap air,kalau masih ada celah bisa ditutup dengan lem gasket tahan panas semacam autosealer.teman-teman saya banyak yang memasang di mobil sejenis suzuki carry(dikalungkan di koil)yang posisinya sangat rendah,aman saja sering kecipratan air ketika melewati banjir.memang kendala membuat TCI adalah mendapatkan transistornya.

      Delete
  34. Saya pernah buat rangkaian TCI dg komponen sama tetapi T2 pake mosfet IRF840, mesin jalan, namun bila digas hingga 3000rpm, jarum rpm malah langsung turun ke nol, itu gimana ya...? Mobil sy katana..? Bagaimana penggunaan T2 tersebut untuk jangka panjang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rangkaian TCI ini dirancang menggunakan transistor daya darlington sebagai T2,bukan mosfet daya.Seharusya menggunakan transistor semacam TIP162 dan BU932 untuk T2.Rangkaian TCI terakhir yang saya pakai sudah berumur 2 tahun lebih,mobil dipakai untuk harian sewajarnya dan sekitar 7x ke luar kota.Sampai sekarang masih berfungsi dengan normal.Beberapa teman saya juga membuat TCI untuk dipasang di Katana.

      Delete
    2. Coba ganti IRF460 saya pakai ini di Kijang Super perseneling tiga gas sampai mentok nggak mbrebet sama sekali ....

      Delete
    3. Pada aplikasi cdi,mosfet bisa dipicu dengan frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan tyristor sehingga bagus untuk rpm tinggi.Cuma untuk rangkaian TCI ini saya belum pernah mencoba dengan mosfet,jadi belum berani untuk merekomendasikan.Silahkan bagi yang suka eksperimen,bila hasilnya bagus bisa disharing di sini.

      Delete
  35. salam kenal ... bisa nggak dipasang di daihatsu chaeade g11 mas... saya di solo

    ReplyDelete
  36. Salam kenal Mas Totok. Mau bertanya. Apa TCI yang di jual di pasaran tsb semacam CDI yang buat ganti platina di delco? kayak yang di jual sekitar 100rb harganya buat Kijang / carry.
    Saya pernah pakai yang seperti itu tetapi tidak pernah awet, kena arus balik atau apa saya kurang paham, tapi kejadian udah beberapa kali, apa ada yang salah dalam pemasangan atau perlu ada penambahan komponen supaya barang tersebut awet.
    Mohon pencerahannya. Terimakasih. Salam Hendra ( 08562754748)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas hendra.saya juga beberapa kali mendengar kejadian seperti itu.apa masalahnya saya juga tidak tahu pasti,kemungkinan besar karena kualitas transistor yang tidak bagus.kalau analisa tersebut benar maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan agar TCI awet.tapi tidak semuanya berkualitas buruk,harganya lebih dari seratus ribu.kebanyakan TCI yang bagus dikemas dalam kotak yang dipasang diluar delko.ada beberapa merk yang beredar di pasaran.TCI bawaan mobil biasanya dipasang di dalam delko,tentu saja kualitasnya bagus.

      Delete
    2. Trimakasih Mas Totok, cek email mas.

      Delete
  37. Mas Totok, tolong di share skema pemasangan yg "real" nya antara coil dengan TCI ke delco/platina nya dong... saya bingung pemasangannya, di video kurang jelas.
    btw, saya menggunakan coil kering, bukan yg model tabung.

    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. skema pemasangan belum saya gambar dengan baik,masih corat-coret,jadi belum layak tayang.silahkan kirim/tulis alamat email anda,nanti saya kirim skema pemasangannya

      Delete
  38. T2 dg TIP840 bagus juga. Memang apa bedanya darlington dg mosfet. Trimd.

    ReplyDelete
    Replies
    1. T2 bisa menggunakan transistor lain(darlington daya) yang spesifikasinya seperti (atau melebihi) pada uraian TCI diatas.Transistor seperti TIP162 dibentuk dari dua buah transistor yang dikonfigurasi secara darlington.Mosfet adalah salah satu jenis dari transistor FET(field effect transistor)

      Delete
  39. mas Totok, pesan TCI untuk kijang 5k dan 7k.
    mohon infonya ke billy_bareto@yahoo.com.
    suwun..

    ReplyDelete
  40. Mas totok, saya tertarik TCInya, cuma saya ga bisa rakitnya saya mau pesen di buatkan aja, email dn hp saya mas : muktigading@yahoo.co.id (0812 2828 9969), terima kasih

    ReplyDelete
  41. MAS TOTOK , SAYA MAU PESEN TCI NYA,. HP SAYA MAS: 081333111948

    ReplyDelete
  42. mas totok klo pesen kirim ke sby brp ya netnya 081330430580
    tks

    ReplyDelete
  43. Terima kasih artikelnya. Setelah beberapa kali eksperimen, akhirnya jadi juga TCI untuk espass supervan saya. Beberapa saya modifikasi karena kendala transistor TIP162 yang sulit saya dapatkan di kota saya. Dengan cara kerja yang sama, saya ganti TIP 162 dengan 2SC3039+2SC3460, harga juga jadi lebih murah. Zener terpaksa saya pakai 10x30v.

    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10202608244754014&set=a.10202185208978384.1073741828.1433990963&type=1
    Trims mas totok atas artikel yg inovatif dan inspiratif ini.

    ReplyDelete
  44. Sama2 mas imron.Tapi jangan keenakan ya,busi tetap harus diperiksa&dibersihkan.Dioda zener bisa dihilangkan kalau T2 menggunakan 2SC3460.Dioda 1N4007 bisa ditambahkan antara kolektor 2SC3460 ke ground,katoda dihubungkan ke kolektor.

    ReplyDelete
  45. apa TCI ini bisa untuk honda ulung c70 mas totok? kalau bisa apa ada perubahan komponen & skema? soalnya saya ingin pakai TCI untuk motor saya yg masih pakai platina ini.

    ReplyDelete
  46. terima kasih atas share artikelnya.. mobil colt t punya bapak saya jadi lebih mudah di starter dan irit BB,, dengan catatan : diode tidak dipasang,, t1 bd140 ganti tip 42c, t2 ganti 2N3055 2x (pararlel),, dengan tambahan diode IN4007 dikaki kolektor emitor,, capasitor 100n 400V seri dengan r 100k kaki kolektor ke positif (hindari shock teg tinggi), TR hangat coil hangat, rata-2 kurang lebih dipakai 45km/hr sedah dipakai 1 bulanan lebih. sekali lagi terima kasih Bapak/Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga senang bila ada yang berhasil membuat TCI dan meningkat performa mobilnya.Bapak saya juga pernah punya mobil favorit colt t tapi saat itu rangkaian tci ini belum lahir.Colt t akan semakin bandel dengan tci.

      Delete
    2. saya punya tip 162..stok ada 18 buah..silahkan kalo mau diorder harga Rp. 75 rb nett..silahkan kontak saya di 0815 680 1162..barang terbatas..harga blum ongkir. bukan tipu2..makasih

      Delete
  47. mas totok saya mau ganti komponen cdi moge saya, komponennya SCR D1071, konidisinya jika kunci dikontak komponen SCR D1071 itu langsung panas,dan untuk SCR D1071 subtitusinya bisa pake apa mas?trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. D1071 adalah transistor mas,bukan SCR.D1071(2SD1071) memang populer untuk pengapian elektronik pada moge.Anda bisa menggantinya dengan BU932 atau BUX37 tetapi bentuknya berbeda(TO-3) sehingga memerlukan sedikit kerja keras agar bisa masuk dan berdiri di modul pengapian.Alternatif lain yang bentuk dan susunan kaki sama dengan D1071 adalah BU931,BU941,MJE 5740/MJE5742.Semuanya didesain khusus untuk pengapian elektronik.

      Delete
  48. admin, nitip berbagi info. yang kesulitan cari TIP162 bisa ke sini https://www.facebook.com/media/set/?set=a.848997681786182.1073742038.383734711645817&type=3&uploaded=7 link beli online http://indo-ware.com/produk-2233-tip162-npn-silicon-power-darlingtons.html (pembelian bisa datang ke toko datu beli online di link tersebut). Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih infonya,semoga bermanfaat.TIP162 untuk prototype TCI saya dapatkan dari indoware.

      Delete
  49. TIP162 bisa diganti juga dengan mosfet misal IRF840 atau kalau mau bisa juga diganti dengan IGBT misal NGP8203N

    ReplyDelete
  50. T2 ternyata ada beberapa grade/harga ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas,memang ada beberapa merk dan harga.Saya biasanya menggunakan yang bagus.Teman-teman saya banyak juga yang menggunakan TIP162 dengan harga yang lebih murah tapi pemakaian selama 2 tahun ini masih bagus dan tidak ada masalah sama sekali.Spesifikasi Tip162 masih agak jauh dari tuntutan rangkaian TCI ini,sehingga aman saja untuk menggunakan beberapa macam merk/harga dari TIP162 yang beredar di pasaran.

      Delete
  51. Thx artikel yang sangat bermanfaat ini mas.Walaupun sebelumnya sudah ada artikel tentang TCI tapi rangkaian ini benar-benar profesional,kuat dan bandel untuk pemakaian harian.Malah saya lihat ada beberapa rangkaian TCI yang sepertinya meniru rangkaian ini dengan beberapa perubahan terutama nilai R dan transistor power.Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx atas apresiasinya.Saya malah senang kalau bisa menginspirasi banyak orang,sehingga menghasilkan ide baru.Rangkaian TCI ini lahir karena saya sendiri membutuhkannya.Jadi,diawali pemikiran,perancangan,perakitan,dan pengujian.TCI yang sampai sekarang saya pakai adalah prototype,yang merupakan awal saya merancang rangkaian TCI ini beberapa tahun yang lalu.

      Delete
  52. Pesan mas 0857 2829 4486

    ReplyDelete
  53. mas totok boleh minta no hp nya ato pin bb nya<< sy mau konsultasi perakitan tci nya.... mas totok tolong inviete ke no saya 27793EFE,, ato no tlp 089609740674.. sy pake kijang super th 94 borosnya minta ampun apalagi skr bbm mahal. sy pengen nyoba rakitan TCI nya mudah2an bisa bikin irit.. makasih banyak mas sy tunggu

    ReplyDelete
  54. Sebenarnya ini rangkaian yang lebih simpel dari rangkaian asli seperti Velleman-K2543-ELECTRONIC-TRANSISTOR-IGNITION yang rada rumit

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya,memang itu rangkaiannya agak rumit dan bikin pusing.Padahal bisa disederhanakan.Saya menghindari komponen/sirkuit yang tidak perlu.Dalam batasan tertentu,semakin sederhana rangkaian semakin baik dan handal pula kinerjanya

      Delete
  55. mas totok... saya order ya

    dbdjuo@gmail.com
    081267924848

    tks

    ReplyDelete
  56. mas sy order dong tci nya sy jogjakarta.. bisikin harga dulu. hari_acyk@yahoo.com. ato lbh cpt di sms 083840276929. nuwun.

    ReplyDelete
  57. Mas Totok sy order TCInya handoko736@gmail.com (081334077175)

    ReplyDelete
  58. mas totok,jk order smp magelang berapa,azkayayak@gmail.com/085643656754.trims

    ReplyDelete
  59. mas, ini nyari dioda diatas 50V kok susah bener ya? kalo pake yg 50V x 6 dirangkai seri bisa gak?

    ReplyDelete
  60. Mas totok, saya di semarang mau pesan 1 (085865175213)

    ReplyDelete
  61. Mas Totok, maaf ganggu..
    Saya juga mau pesan buat Fiat Uno saya mas..
    Email harga dan tata cara pemesanan ke idontlikebanana@ovi.com ya mas..

    Matur suwun..

    ReplyDelete
  62. Mas Totok,
    Saya mau pesan buat mobil ortu, Toyota Mark II 2000cc.
    Mohon informasinya ke daddun2008@gmail.com.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  63. mas totok,
    untuk kijang lgx 99,
    mohon info ke helmiwibowo79@gmail.com

    ReplyDelete
  64. mas totok klo misal koil g ada ballast resisitor gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat tidak disarankan menggunakan koil tanpa ballast resistor.Di beberapa tipe mobil,pada saat starter resistor dibypass untuk memudahkan starter,setelah mesin hidup/kunci kontak kembali ke posisi semula maka resistor terhubung kembali ke koil.Koil denso tipe internal resistor yang original disertai skema sirkuit tersebut pada kemasannya.Bila menggunakan TCI dengan T2/final transistornya memakai IGBT atau transistor masih bisa diterima
      bila tanpa menggunakan ballast resistor
      karena adanya Rce atau resistansi kolektor emitor pada transistor.

      Delete
    2. punya saya ga da ballastnya dari adopsi,brarti klo pke
      tip 162 msh aman mas?

      Delete
  65. ada alternatif lain g mas selain pke tip 162 ? takut g nemu barangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tip162 ada beberapa yang jual secara online misalnya indoware.com,anda bisa googling.Alternatif lain bisa memakai BU931/932/941,BUX37,BU323Z

      Delete
  66. klo mau pesan harga brp? trims
    putra.fe@hotmail.com

    ReplyDelete
  67. mas pengapian tanpa platina seperti apa? bisa share contoh rangkaiannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengapian tanpa platina adalah pengapian yang pemicunya tidak menggunakan platina walaupun fungsinya sama yaitu mengendalikan rangkaian pengapian tetapi tanpa menggunakan kontak mekanik,misalnya dengan sensor cahaya atau magnetik.Semua rangkaian pengapian termasuk TCI bisa digunakan bersama pemicu platina ataupun sensor lain.Yang perlu disesuaikan adalah bagian masukan rangkaian pengapian elektronik agar sesuai dengan rangkaian sensornya.Ada beberapa produk rangkaian pengapian yang dijual bersama rangkaian sensor sebagai pengganti platina misalnya merk Porter.

      Delete
    2. kalau yang mas bikin itu pakai sensor apa?

      Delete
    3. Sensor magnetik.Rangkaian TCI pada gambar 1 yang digunakan bersama contact breaker sudah memberikan hasil yang memuaskan dan handal.

      Delete
    4. tertarik nih, berapa harganya? trims
      dafkey@gmail.com

      Delete
  68. Mas Efeknya ke performa mobil gimana? terasa nggak.Mo pesen 1 gimana caranya Email eri.yoko@yahoo.co.id untuk kijang super 1994

    ReplyDelete
  69. kalau mau pesan harga brp mas?
    email fendyputra09@yahoo.co.id
    matur suwun

    ReplyDelete
  70. mas totok saya mau pesan yg sudah jadi ini CP saya
    aryjuni@gmail.com
    0853 1153 7726

    ReplyDelete
  71. mantap artikelnya Mas, kalo mau pesen gimana caranya ? matur nuwun (triclaksono@gmail.com)

    ReplyDelete
  72. saya punya katana non AC th 89, kalau kondisi mesin masih dingin Indikator RPM normal (900), tapi begitu mulai suhu mesin naik, tiba-tiba indikator RPM naik disertai dengan suara berisik dari distributor, koil baru, platina baru dan kondensor baru, mohon solusinya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak terlalu mengetahui secara detail soal mesin mas,tapi bila karburator dan mesin normal menurut pengalaman saya kemungkinan di dalam distributor ada yang oblak,misalnya tatakan platina.

      Delete
  73. Mohon info TCI nya, terutama harga dan cara pemesanannya ke andromalik22@gmail.com. Suwon Mas Totok

    ReplyDelete
  74. Mas saya pake mobil carry 1000 thn 86,saya tertarik untuk rangkaian TCI yang mas totok sarankan,yang jadi kendala dikota tempat tinggal saya sulit untuk mendapatkan komponen-komponen yang diperlukan untuk rangkaian TCI tsb,dengan tidak mengurangi rasa hormat saya,bagaimana kalo mas totok buatkan 1 unit TCI buat saya...?Biaya pembuatan dan onkos kirim saya tanggung mas...omcellindra@yahoo.com

    ReplyDelete
  75. terimakasih infonya mas totok...saya udah dapat TCI-nya,berkat bantuan mas totok,trims...

    ReplyDelete
  76. semoga performa mobilnya meningkat

    ReplyDelete
  77. salam Mas totok,apa bisa buat mobil starlet saya tertarik untuk mencobanya.tolong ksh info harga/biaya kirim ke Sul-Bar.mohon info mtafa74@gmail.com

    ReplyDelete
  78. salam Mas, masih aktif di TCI? minta info harga 1 kit jadi. sy br dapar carry 95.
    bustanularifin@y7mail.com
    (y7mail)
    suwun

    ReplyDelete
  79. Yang mau coba rakit alternatif TCI bisa lihat http://pengapian-transistor.blogspot.co.id/ skema komplit banyak alternatif

    ReplyDelete
  80. Mas totok bisa share rangkaian dengan pulser kah? Matur nuwun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rangkaian TCI di atas juga bisa digunakan dengan pulser,hanya sedikit perubahan di bagian inputnya.Masalahnya,ada beberapa jenis sensor di pulser misalnya kumparan,efek hall,dan sensor cahaya yang masing-masing berbeda rangkaiannya.Membuat pulser sendiri juga membutuhkan ketelitian dan pengetahuan dasar agar TCI hidup pada saat yang tepat.

      Delete
  81. mas Totok saya bisa pesan TCI nya? Suwun Didi 08122714045

    ReplyDelete
  82. Salam kenal mas
    Masih aktif TCI nya...., saya g faham ngerakit nya
    Boleh saya pesan 1 untuk kijang super 92.... brp net nya
    Terima kasih mas

    ReplyDelete
  83. beli jadi TCI di b*kalapak dot com , murah cuman 80 rb an dah nggak pusing ngrakit tinggal pasang dan banyak pilihan. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,banyak yang menggunakan rangkaian saya,mereka sudah ijin saya.Untuk yang tidak mau ribet merakit sebaiknya beli jadi salah satunya di bukalapak.Tapi ada juga yang transistornya menggunakan tipe lain mungkin karena alasan ekonomis

      Delete
  84. Ikut nyimak aja mas, soalnya saya awam rangkaian elektronik tapi sering tertarik dg produk2 yg inovatif. Kmrn saya pasang tci merk Delko di Katana, hasil lumayan mudah Start saat pagi, tp saat panas sering susah start ya. Minta masukan nya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin sulit hidup saat panas biasanya kalau tidak koil ya karburator.Ketika api semakin bagus karena menggunakan tci maka koil akan semakin panas sehingga mesin akan semakin sulit hidup;karena koil sudah tidak normal.

      Delete
  85. Izin membuat tci nya mas totok,

    ReplyDelete
  86. Mas.. boleh dikirimin gambar pcb nya engga.. pengen nyoba yg ini pakai tip162.. aziz.hdy@gmail.com
    Maturnuwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sy malah belum bikin gambar pcb yang rapi,bikin pcb spontanitas saja

      Delete
  87. mas kalo d pasang pada momil zebra untuk harian bisa bertahan berapa lama,coil saya uda ganti coil kering yg kotak,sekalian inbox hrg nya jg nggeh,makasih wahyudyd@gmail.com

    ReplyDelete
  88. Salam kenal Mas Totok. Karena gak paham masalah elektro,minta tolong buatin untuk VW Kombi. Tolong inbox berapa totalnya beserta ongkir. Trims (khairumi63@gmail.com)

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. Pagi mas...salam kenal ada produk jadi ato bisa bikinin untuk kijang kapsul...mobil saya keluaran 2001 tapi yang msh menggunakan sistem pengapian platina...saya gak paham elekronik...tq mas

    ReplyDelete
  91. Mas kalo pesan jadi berapa ya...sama ongkir nya sekalian ke jambi

    ReplyDelete
  92. mas totok,saya pesen komponenya bisa?

    ReplyDelete
  93. Indformasi ini yg saya cari selama ini

    ReplyDelete
  94. Saya sudah pake rangkaian ini hampir 4tahun lamanya.. T2 saya pakai bekas psu komputer.. Baru hari ini saya tahu ternyata anda yg punya skema..😀😀😀 terimakasih banyak gan... Semoga berkah ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,senang sekali bila rangkaian TCI ini bermanfaat

      Delete