Daftar Isi

Saturday, November 24, 2012

Lampu Plafon Mobil

                                   Lampu Plafon Mobil Dari  LED



    





       Belakangan ini aplikasi LED sudah memasuki rumah tangga dan otomotif.Ini disebabkan kelebihan LED yang memiliki masa hidup lebih lama,lebih hemat energi,dan memancarkan sinar yang enak dipandang dibandingkan lampu pijar.
        Di pasaran otomotif banyak kita temui lampu plafon mobil dari LED.Sinar dari lampu plafon jenis ini lebih nyaman untuk membaca atau mencari barang yang jatuh di dalam mobil.Kita pun bisa membuatnya sendiri asal mau sedikit bersusah payah merakitnya,tentu saja biayanya jauh lebih murah.
       Rangkaiannya diperlihatkan di bawah ini.Yang kita butuhkan adalah LED putih ukuran 3mm.Led jenis ini sangat cocok dipakai karena dapat menyala dengan baik pada 3 volt,sehingga dengan asumsi bahwa tegangan baterai adalah 12 volt maka kita dapat menggunakan 4 LED dalam hubungan seri.Tidak dibutuhkan resistor di sini sehingga meyederhanakan rangkaian.


                                                          Rangkaian lampu plafon mobil LED

       Kita dapat menggunakan terminal lampu pijar tabung yang biasa dipakai di plafon mobil dengan memecahkan bodinya yang dari kaca.Masukkan dulu lampu dalam kantong plastik agar pecahan tidak beterbangan kemana-mana.Tempelkan terminal ke PCB dengan menyoldernya ke jalur tembaga yang harus dibuat di pinggir PCB.Sebelumnya terminal dapat dilem dulu agar mudah menyoldernya,setelah itu
bisa ditambahkan lem lagi untuk memperkuat.LED dipasang dan disolder setelah terminal menempel ke PCB.Untuk mendapatkan sinar yang lebih terang kita bisa menggunakan beberapa LED selanjutnya rangkai setiap 3 LED dalam  hubungan seri dan menambahkan resistor sebagai pembatas arus.Gambar-gambar berikutnya memperlihatkan lampu plafon LED setelah dipasang di plafon mobil.






Lampu Plafon Mobil 2

       Untuk lebih mengoptimalkan cahaya,kita bisa melakukan modifikasi terhadap rangkaian sebelumnya.Rangkaiannya tidak berubah tapi kita hanya menggunakan 3 buah LED dan dari jenis lain misalnya LED putih 5mm pendek seperti yang biasa digunakan pada lampu emergency dan senter.Lepas salah satu LED dan gantikan posisinya dengan sebuah resistor 47 Ohm/1 Watt,atau 56 Ohm/1 Watt bila anda tetap menggunakan LED 3mm.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat foto-foto berikut ini.Cahaya yang dihasilkan rangkaian kita ini lebih dari cukup untuk digunakan sebagai lampu plafon mobil.Kalau bisa membuat sendiri kenapa harus beli ???!





1 comment:

  1. Berbicara mengenai lampu LED, banyak sekali tawaran jual lampu LED mobil di pasaran. Namun sebelum memutuskan untuk mencari tempat yang jualnya, ada baiknya mengetahui bagaimana langkah untuk perawatannya agar tidak buram dan awet saat digunakan.

    ReplyDelete