Daftar Isi

Wednesday, November 21, 2012

Speaker Protector

                                 PENGAMAN SPEAKER



       Power Amplifier yang anda pakai bisa saja suatu saat mengalami kerusakan, yang disebabkan karena usia, kualitas komponen, atau salah pemakaian.Pada power amplifier OCL (Output Capasitor Less) , kerusakan yang dialami dapat  menyebabkan tegangan searah positif atau negatif setinggi tegangan catu daya muncul di keluaran yang bisa membahayakan speaker.Bila semuanya sudah terlambat kita cuma bisa meratapi speaker kesayangan kita.Beberapa jenis rangkaian pengaman speaker telah dikembangkan untuk melindungi speaker dari kemungkinan tegangan searah yang ditimbulkan oleh power amplifier yang tidak beres.Salah satu jenis rangkaian tersebut menggunakan kontak relay seperti rangkaian yang diberikan berikut ini.Ketika tegangan searah muncul di keluaran power amplifier maka rangkaian pengaman akan membuka kontak relay sehingga memutus hubungan antara power amplifier dan terminal keluaran.
       Gambar berikut ini adalah rangkaian lengkap pengaman speaker.Ketika rangkaian pertama kali dihidupkan, kontak relay tidak langsung menutup melainkan menunggu beberapa saat.Rangkaian di sekitar Tr3 bertugas menyediakan arus basis untuk Tr6 sekaligus memberikan tundaan waktu tersebut.Untuk memperpanjang atau mempersingkat tundaan waktu dapat dilakukan dengan mengubah nilai C5.Rangkaian deteksi untuk masing-masing kanal terdiri dari low pass filter, penyearah jembatan, dan sebuah transistor.Frekuensi cut off dari filter dengan kemiringan 6 dB/oktaf yang diwujudkan R1, C3 dan C4 (R2, C1 dan C2) adalah sekitar 0,5 Hz.
        Bila di salah satu atau kedua masukan rangkaian terdapat tegangan searah maka salah satu atau kedua dari Tr1 dan Tr2 akan menghantar sehingga menyebabkan Tr4 dan Tr5 juga menghantar.Hal tersebut menyebabkan Tr6 menyumbat karena Tr5 membuang arus basis Tr6 sehingga relay melepas.LED D10 merupakan LED dua warna yaitu merah dan hijau dalam satu kemasan untuk memberikan indikasi keadaan kontak relay.Bila semuanya beres dan kontak relay menutup maka D10 menyala hijau sedangkan bila rangkaian mendeteksi adanya tegangan searah lalu melepas kontak relay, maka D10 menyala merah.D10 juga menyala merah saat rangkaian pertama kali dihidupkan karena pada saat itu kontak relay baru menutup setelah beberapa saat.LED seperti D10 sebenarnya sangat cocok digunakan disini tetapi bila sulit didapatkan ganti saja dengan dua buah LED atau dapat dipakai satu LED yaitu LED hijau atau keduanya dapat dihilangkan.
       Untuk relaynya pilihlah yang kualitasnya baik, kontaknya paling tidak mampu dialiri arus 5 A.Ada beragam jenis dan merek relay, yang baik dan cocok digunakan disini biasanya ukurannya tidak terlampau kecil.
       Pencatu dayanya dapat dilihat pada gambar berikutnya.Transformatornya dapat menjadi satu dengan power amplifier.Transformator dengan keluaran 32 V/5A seperti yang dipakai rangkaian power amplifier pada postingan sebelumnya biasanya juga memiliki keluaran 12 V yang dapat dipakai oleh rangkaian ini.Selebihnya hanya dibutuhkan dioda penyearah dan kondensator perata.
Untuk menguji rangkaian pengaman speaker ini, gunakan batere 3 V.Plus batere dihubungkan ke masukan dan minusnya dihubungkan ke ground.Maka relay harus melepas dan LED menyala merah.Selanjutnya tukar polaritas batere, rangkaian harus melakukan reaksi yang sama.Dengan tegangan masukan 3 V reaksi dari rangkaian tidak secepat ketika mendapat tegangan masukan yang lebih tinggi.Untuk itu dapat dicoba dengan menghubungkan masukan rangkaian ke catu daya power amplifier positif atau negatif maka rangkaian akan segera bereaksi dengan melepas relay.


                                                               Rangkaian Pengaman Speaker.




                                    Rangkaian Catu Daya untuk Pengaman Speaker


R1, R2                                       = 6K8
R3, R5, R13                            = 10K
R4, R6                                      = 82 Ohm
R7                                               = 180 K
R8                                               = 68 K
R9                                               = 15 K
R10, R11                                  = 33 K
R12                                             = 3K3   
R14                                             = 4K7
R15, R16 6K8                         = 1K8
R17, R18                                  = 470 Ohm 
C1 – C4                                     = 100 uF/50 V
C5                                               = 22 uF/16 V   
C6                                               = 1N4148
D10                                             = LED 2 warna (merah-hijau ) anoda bersama
D11, D12                                  = 1N4001
Tr1 – Tr3, Tr5, Tr7            = BC547
Tr6                                            = BD139  
Tr4, Tr8                                  = BD557
Re1                                             = Relay 12 V/kontak ganda ( kontak minimum 5 A )

4 comments:

  1. Mas Totok kalau pake trafo 1 amp kira2 bisa panas tidak untuk trafonya. Untuk Power suplnya saya tidak pake Ct... Kalau pake ct 12 volt keluarannya pasti lebih dari 12 volt. Apakah tidak kelebihan buat Relay 12Volt? Mohon petumjukknya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trafo 1 A bisa dipakai dan sdh lebih dari cukup utk mensuplai rangkaian,seharusnya tdk panas.Bisa dicoba dgn lilitan 9v.

      Delete
    2. Mas Totok, kenapa relaynya panas ya? Kalau ukuran kabel dari relay menuju konek speaker ukuran berapa ya?terimakasih sebelumnya

      Delete
    3. Bila power supply sudah sesuai dengan tegangan kerja relay maka kemungkinan relaynya yang tidak bagus,kontak2nya tidak mampu menangani output power amplifier.Ukuran kabel menyesuikan dengan output amplifier

      Delete